Selasa, 22 Maret 2011

Waspadai Kondisi Kaki-Kaki Mobil Pasca Banjir


Curah hujan yang tinggi berpotensi menimbulkan banjir, terutama di Jakarta. Tidak terkecuali, pemilik ken­daraan juga bisa menjadi korban. Tidak hanya mesin saja yang bisa rusak, suspensi juga bisa cacat karena sering menerjang banjir.

Nah, kerusakan yang timbul pada bagian suspensi mobil karena sering melewati genangan air biasanya ada pada ball-joint yang kerap menimbulkan bebunyian. “Ini timbul karena pelumas pada balljoint mengering, sehingga terjadi korosi,” ujar Wawan, punggawa Bengkel Mang Lili yang berlokasi di Jl. H. Nawi Raya No. 43, Jakarta Selatan.

Selain itu, pada bagian arm pun juga bisa timbul masalah yang sama. “Biasanya di bushing arm dan tierod juga begitu,” jelasnya lagi. Hal ini sangat mungkin terjadi, apabila kondisi karet-karet komponen ini juga sudah tidak bagus. “Kalau karet-karet ini sudah rusak malah memudahkan air untuk masuk ke celah kecil,” tutur Wawan lagi.

Meski begitu, Wawan juga memberikan saran positif. “Kalau pada suspensi sudah mulai timbul bebunyian, segera saja periksa ke bengkel khusus suspensi. Utamanya lagi fokuskan belanja pada komponen yang tadi disebutkan. “Termasuk juga pada bagian karet-karetnya, kalau sudah retak-retak atau bahkan pecah segera diganti agar air tidak bisa masuk,” bilang Wawan lagi.

(otomotifnet.com)

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites