Jumat, 18 Maret 2011

Tips Perawatan Mobil Bagian Luar

Mobil merupakan kendaraan yang sudah di miliki oleh banyak orang. Hal ini banyak mengakibatkan kemacetan di mana - mana. Selain digunakan untuk kendaraan pribadi. Banyak juga mobil di modifikasi oleh para pemilik mobil untuk meningkatkan kerja mesin mobil tersebut. Mobil terdiri dari bagian Interior dan Eksterior. Bagian Ekterior selalu terkena kotoran kotoran dari luar. Seperti debu, lumpur, dan lain lain. Perawatan mobil sangat penting. Selain untuk kebersihan, perawatan ini berguna untuk menjaga mobil tetap berfungsi dengan maksimal. Beberapa tips perawatan untuk mobil :

  1. Ban

    Selalu jaga keadaan angin yang sesuai dengan standart tekanan pabrik, dan pemasangan ban pada mobil harus benar - benar seimbang.

  2. Pelek

    Ada 2 tipe. Besi dan alumunium. untuk perawatan pelek besi biasa nya lebih sedikit khusus di bandingkan pelek yang bertipe alumunium. Pelek besi lebih cenderung berat di bandingkan pelek alumunium. Untuk pelek besi ketika mencuci harus benar - benar dalam keadaan kering ketika kita sudah selesai mencuci, ini ntuk menghindari terjadi nya korosi pada pelek tersebut. Sedangkan untuk pelek alumunium lebih praktis dan tidak terlalu repot cukup dengan mengelapnya hingga kering, tetapi jika ada bagian yang berwarna crome usahakan jangan terlewatkan. Pastikan bagian itu benar-benar kering. karena apabila itu sering terlewatkan saat pengeringan maka pada crome itu akan menimbulkan bercak - bercak yang sulit dihilangkan.

  3. Body

    Perawatan body mobil sangat penting, karena body mobil merupakan komponen yang biasanya merupakan nilai penting apakah mobil itu terawat atau tidak. Untuk perawatan body mobil hampir sama dengan pelek. Setelah mencuci pastikan benar-benar kering untuk menghindari korosi pada body. Untuk menjaga body dari bercak-bercak air atau jamur gunakan WAX untuk melapisi permukaan body. Tetapi penggunaan WAX ini juga tidak boleh terlalu sering karena bahan kimia ini bisa menipiskan body cat itu sendiri. Apabila ingin mencuci mobil usahakan jangan menggunakan sabun yang menghasilkan banyak busa. Untuk lebih amannya kita gunakan sabun-sabun khusus untuk body mobil. Anda bisa membeli nya di toko atau bengkel mobil terdekat.

  4. Kaca

    Perawatan kaca mobil hampir sama dengan body, jika telah selesai mencuci usahakan kaca di lap hingga kering. Karena apabila tidak kering maka akan menimbulkan jamur-jamur yang menyebabkan kaca terkena cahaya akan terlihat buram. Untuk lebih menjaga kaca dari jamur-jamur kita bisa gunakan cairan kimia khusus untuk menjaga kondisi kaca. Cairan itu bisa kita campurkan di air yang tersedia di tangki untuk penyemprot kaca.

  5. Mesin

    Bagian ini adalah hal vital dalam mobil. Bagian ini merupakan nyawa dari segalanya bagi mobil. Sehingga perawatan nya bisa di katakan lebih ekstra di banding bagian mobil yang lain. Usahakan kondisi mesin dalam keadaan kering tidak basah (baik itu basah karena air atau ada rembesan oli maupun bahan bakar). Pantau kondisi air aki tetap dalam keadaan normal. Lakukan penggantian oli mesin sesuai dengan batas yang ditentukan, jika penggantian dilakukan lebih cepat dari batas yang ditentukan itu lebih baik. Cek emisi kendaraan anda, apabila terlihat mengeluarkan asap yang tidak wajar atau berlebihan lakukan pengecekan mesin. Jika parah kemungkinan harus turun mesin. cek selang-selang dan kabel-kabel usahakan dalam kondisi terpasang dengan baik. apabila ada yang kondisi karetnya berbeda dari biasa nya segera di ganti. gunakan bahan bakar yang sesuai dengan karakter mesin anda. usahakan kondisi bahan bakar dalam tangki jangan sampai terlalu sedikit, karena hal tersebut bisa membawa kotoran-kotoran yang ada di bagian bawah tangki tersedot masuk ke dalam pembakaran mesin. periksa kondisi oli-oli yang ada di power steering dan boster rem. bersihkan filter udara atau menggantinya jika sudah terlalu kotor. Walau tips tips di atas memang bermanfaat. Anda tetap harus ke bengkel untuk pemeriksaan skala rutin. Jika keadaan mobil anda sudah rusak atau tidak berfungsi silahkan ke bengkel terdekat dengan segera. Segera ganti atau perbaiki mesin mobil yang rusak. Jangan di tunda terlalu lama. Hal ini di khawatirkan bisa membuat mesin tersebut akan bertambah rusak, dan sulit untuk di perbaiki. Jangan lupa juga selalu ganti oli dan panaskan mobil anda di pagi hari. Supaya power mobil anda tidak berkurang.
 (forum.otomotifnet.com)

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Share

    Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites